Pelatihan Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Pada Guru Smp Muhammadiyah Soppeng
Abstract
Dampak teknologi di masa pandemic di bidang Pendidikan pun tak terkecuali yang berpengaruh besar terhadap keberlajutan proses interaksi guru dan siswa. Akan tetapi kemajuan teknologi tidak diimbangi pada kemampuan guru-guru dalam hal mengoperasikan teknologi terbaru baik perangkat keras maupun perangkat keras. Di sisi lain, cara proses belajar mengajar harus mengalami perubahan dari pembelajaran luring ke pembelajaran daring. Namun keterbatasan keterampilan guru maupun siswa dalam memanfaatkan media pembelajaran daring mengakibatkan proses pembelajaran hanya melalui media social seperti Line atau Whatsapp Group.Guru pun dipacu untuk lebih kreatif dalam memberikan materi pembelajaran secara daring seperti membuat video pembelajaran dalam bentuk tutorial. Kunci dari semuanya adalah komunikasi, dimana guru harus tetap memperhatikan perkembangan anak didiknya yakni dengan memastikan hak memperoleh Pendidikan tetap berjalan meskipun dengan perantara teknologi.Salah satu solusinya adalah memberlakukan metode pembelajaran Full Online untuk seluruh mata pelajaran dengan memanfaatkan LMS (Learning Management System). Melalui LMS, guru dan siswa dapat mengakses materi pembelajaran, discussion board melalui forum diskusi, chatroom, serta mengakses tugas yang diberikan guru. Kurangnya sosialisasi tentang LMS ini membuat banyak guru dan siswa belum mampu mengoperasikannya