Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Augmented Reality di SMKN 3 Soppeng

Authors

  • Ismail Ismail Universitas Lamappapoleonro
  • Nursakti Nursakti Universitas Lamappapoleonro

Abstract

Kurangnya pengetahuan tentang augmented reality yang didapatkan oleh siswa serta masih sulitnya praktikum langsung pembuatan perangkat pembelajaran menggunakan augmented reality sehingga kepala sekolah dan guru SMK Negeri 3 Soppeng mengadakan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Augmented Reality di SMKN 3 Soppeng. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pelatihan augmented reality dasar kepada peserta mulai dari pengantar materi, praktek pembuatan projek aplikasi sampai pengujian aplikasi yang telah dibuat. Melalui kegiatan pelatihan ini, peserta mampu membuat perangkata pembelajaran pengenalan perangkat keras komputer berbasis augmented reality.  Proses   kegiatan   dimulai   dengan   registerasi peserta Kemudian pada saat awal  pelatihan  para  peserta diberikan penjelasan teori tentang pengenalan ugmented reality untuk  mengetahui  seberapa jauh peserta pelatihan  menguasai  konsep  dasar  augmented reality. Selanjutnya pemateri memberikan modul pelatihan yang sesuai, kemudian mempraktekkan pembuatan aplikasi augmented reality. Pada  akhir  pelatihan,  peserta  diberikan tugas untuk mengukur tingkat keberhasilan pelatihan. Dari peserta dengan jumlah 23 peserta, semuanya dapat mengikuti pelatihan dari awal sampai akhir dan semuanya sudah bisa membuat projek aplikasi augmented reality. Pada kegiatan ini dapat disimpulkan semua peserta antusias mengikuti pelatihan sampai selesai dan peserta juga mengusulkan agar kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan. Hal ini dilihat dari hasil tes evaluasi yang dilaksanakan dengan metode praktek langsung

Published

2023-01-23

How to Cite

Ismail, I., & Nursakti, N. (2023). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Augmented Reality di SMKN 3 Soppeng. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro, 1(2), 57–60. Retrieved from https://jurnal.abdimas.unipol.ac.id/index.php/pengabdian-jurnal/article/view/15