PENYULUHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK E-COMMERCE PRODUK LOKAL DI DESA UMPUNGENG KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG

Authors

  • M. Afdal Tahir Universitas Lamappapoleonro

Keywords:

Media Sosial, E-Commerce, Pemsaran, Produk Lokal, Desa Umpungeng

Abstract

Salah satu manfaatan yang diperoleh dengan penggunaan media sosial adalah kemudahan dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi secara luas. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk lokal mengingat luasnya jangkauan dari media sosial ini. Penggunaan media sosial untuk melalukan proses bisnis berbasis elektronik masih memiliki kendala dalam hal pemanfaatannya, kendala tersebut yakni masih minimnya pemahaman masyarakat mengenai pemanfaatan media sosial dalam memsarkan produk lokal masyarakat desa, minimnya pengetahuan  pengenai pemsaran melalui sosial media serta masih minimnya kemampuan masyarakat dalam pembuatan dan pemanfaatan toko online sebagai sarana pemasaran. Penggunaan media Sosial dalam masyarakat saat ini termasuk oleh organisasi kemasyarakatam yakni sebagai sample dari  masyarakat di Desa Umpungeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng masih sebatas penggunaan dalam berkomuniasi dan bertukar informasi. Oleh karena itu kami dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Lamappapoleonro melakukan kegiatan penyuluhan tentang pemanfaatan media sosial untuk e-commerce pemasaran produk lokal di Desa Umpungeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng

Published

2025-01-08

How to Cite

Tahir, M. A. (2025). PENYULUHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK E-COMMERCE PRODUK LOKAL DI DESA UMPUNGENG KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro, 3(2), 36–39. Retrieved from https://jurnal.abdimas.unipol.ac.id/index.php/pengabdian-jurnal/article/view/55